4 Hal yang Perlu Kamu Tau Kenapa Sampah Harus Dipisahkan Sesuai Jenisnya


0

Di era sekarang, pasti kemanapun kita pergi baik itu ke kantor,  ke sekolah, ke pabrik, ke kampus, ke tempat wisata, dll, pasti kita akan menemukan tong sampah yang terpisah. Entah itu dipisah menjadi 2 bagian atau dipisah menjadi 3 bagian.

Nah hal ini memang penting dilakukan, mengingat kini kita tidak hanya dianjurkan untuk buang sampah pada tempatnya seperti tong sampah fiberglass saja, tapi juga kita harus membuang sampah sesuai dengan jenis – jenisnya. Berikut ini adalah alasannya kenapa kamu harus buang sampah sesuai dengan jenisnya.

  1. Mempermudah daur ulang

Saat kita tertib membuang sampah pada tempatnya dan sesuai dengan jenisnya maka kita nantinya akan mempermudah para petugas kebersihan atau pengepul sampah untuk memisahkan mana yang bisa didaur ulang dan juga mana sampah yang tidak bisa didaur ulang.

  1. Tidak membahayakan orang lain

Kamu pernah dengar salah satu jenis sampah B3 ? Ya sampah ini adalah sampah yang masuk kategori sampah berbahaya. Contoh sampah B3 yang paling sering ada di sekitar kita adalah minyak spray, obat nyamuk, batu baterai, minyak wangi, dll.

Sifat sampah B3 biasanya mudah meledak, mudah terbakar, beracun, dan pastinya sangat berbahaya ketika harus bercampur dengan sampah biasa di dalam tong sampah.

Makanya, sampah jenis ini harus dipisahkan untuk mendapatkan penanganan yang khusus.

  1. Mengurangi sampah di laut

Kamu pasti sudah sering mendengar bahwa Indonesia adalah salah satu negara kedua yang paling banyak membuang sampah ke laut. Dengan kamu membuang sampah sesuai dengan jenisnya.

Maka nanti sampah yang bisa didaur ulang akan diambil oleh pengepul atau pendaur ulang, dan  yang tidak bisa didaur ulang akan dihancurkan. Dengan begitu siklus sampah sampai ke laut akan berkurang nantinya.

  1. Menjaga lingkungan tetap bersih

Jelas salah satu tujuan kita tertib dan disiplin dalam membuang sampah adalah agar lingkungan kita tetap terjaga dan bersih terus. Dengan begitu kita pun hidup bisa lebih nyaman, tak terganggu, dan lebih sehat tentunya.

Ayo, mulai sekarang biasakan untuk tertib buang sampah pada tempatnya dan pastikan kita buang sampah sesuai dengan jenisnya.


Like it? Share with your friends!

0
Whals

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *