Tips Gerai Toyota: Komponen Mobil yang Membutuhkan Servis Berkala

Toyota Surabaya – Kendaraan sebagai benda bergerak tentu membutuhkan perawatan rutin. Beberapa komponen mungkin rusak karena penggunaan diatas normal atau habis masa pakainya.

Untuk alasan ini, sebuah mobil memerlukan perawatan rutin di setiap bagian. Dengan layanan reguler, performa mobil akan tetap prima. Jadi Anda juga tetap aman dan nyaman saat berkendara di mana pun Anda berada.

Berikut adalah beberapa komponen mobil yang biasanya perlu diperiksa dan diperbaiki secara teratur:

toyota surabaya
Gerai Toyota Surabaya – AUTO2000

1. Kaki-Kaki

Kondisi di jalanan di Indonesia hanya beberapa yang benar-benar mulus. Sebagian besar jalan memiliki lubang atau permukaan bergelombang. Ini membuat kaki mobil rentan terhadap kerusakan, biasanya komponen miring karena kerja keras jalan yang kasar.

Kaki mobil, seperti sambungan bola, tierod, stabilisator, dan damper, memiliki masa pakai hingga 100.000 km atau sekitar 5 tahun. Namun, kondisi jalan yang rusak atau karakter pengemudi yang mengemudi secara brutal mempercepat waktu untuk penggantian atau perbaikan.

2. Balancing dan Spooring

Layanan reguler yang perlu Anda lakukan adalah pengabaian dan keseimbangan. Mobil yang sering melintasi jalan yang rusak atau tertusuk dapat menyebabkan perubahan akurasi roda yang cepat.

Banyak bengkel menawarkan layanan pendaratan dan penyeimbangan dengan berbagai harga. Harga pengabaian dan keseimbangan sangat tergantung pada model mobil. Depresiasi untuk mobil kecil seperti Yaris, Jazz, Avanza, dan Innova berkisar antara 150 hingga 175.000 rupee per roda. Sementara mobil besar seperti Alphard, Pajero dan Outlander, sekitar 200.000 Rp.

Pendaratan adalah proses di dalam mobil untuk meluruskan kembali posisi roda empat mobil seperti sebelumnya. Proses menyelaraskan kedua roda depan ke normal.

Plus, keseimbangan, yang artinya menyeimbangkan kembali. Keseimbangan ini dimaksudkan untuk menyeimbangkan kembali setiap roda sehingga tidak ada yang bias. Ini biasanya dilakukan setelah mengganti ban atau roda.

Jika kaki-kaki mobil masih terasa tidak enak atau jika Anda mengalami masalah setelah gagal dan seimbang, Anda harus memeriksa beberapa komponen. Karena ball joint dan tierod biasanya akan membuat kebisingan. Jika kondisi tidak diverifikasi, kerusakan akan menjadi lebih buruk dan ban dapat terlepas dari lokasinya.

Baca Juga: Gerai Toyota

Perbaikan dapat dilakukan dengan mengganti penggunaan dengan rekomendasi pabrikan atau produk asli. Selain dijamin orisinalitas, daya tahan produk juga bisa sama seperti sebelumnya.

Gerai Toyota Surabaya juga dapat memilih harga yang lebih terjangkau dengan mengemas ulang bahan berbasis poliuretan. Alternatif ini dapat mengurangi biaya, hingga 50%. Sambungan bola, tierod, dan batang pengikat mobil dilepas dan bagian yang rusak diganti dengan poliuretan.

Bagian-bagian kaki yang juga cenderung rusak karena penggunaan, yaitu cincin. Bahan cincin ini umumnya terbuat dari karet dan, karena dampak ketika melewati jalan yang rusak ini, karet tidak lagi fleksibel, tidak rapuh atau retak.

Kisaran harga untuk layanan perbaikan persimpangan berkisar antara 600.000 hingga 9 juta rand. Rata-rata, pekerjaan berlangsung sekitar 3 jam.

Anda seharusnya tidak terkejut jika ada harga yang sangat tinggi untuk cincin. Cincin mahal biasanya untuk mobil Jepang atau mobil mewah.

Cincin ini juga dapat direkondisi untuk membuat perbaikan yang jauh lebih murah. Namun, masalah ketahanan kurang berbobot daripada penggantian produk baru dengan produk asli atau otentik: berkisar antara 1,5 juta hingga 6 juta rupee untuk menutupi biaya produk mereka sendiri.

3. Penyejuk udara (AC)

Pendingin udara ini akan bekerja keras ketika mobil digunakan selama hari yang panas. Pengemudi atau penumpang akan mengatur suhu kabin sedingin mungkin. Masalah yang sering muncul adalah kompresor.

Layanan pendingin udara biasa sangat dianjurkan, seperti penggantian pelumas, referensi, dan pembersihan. Layanan ini biasanya dilakukan setahun sekali atau setiap 10.000 km (di dalam kota) pada 20.000 km (di luar kota). Perawatan rutin memungkinkan kompresor bekerja sedikit dan memiliki umur yang lebih lama.

Untuk mobil yang sering melewati daerah berdebu dan digunakan pada suhu terdingin, layanan pendingin udara rutin harus dilakukan setiap 3.000 km. Proses layanan AC memakan waktu sekitar satu hingga delapan jam.

Untuk mobil Jepang, biaya layanan AC ditetapkan antara 300.000 dan Rp 575.000. Pada saat yang sama, untuk mobil seri Eropa, biayanya antara 1 100.000 dan Rp 2.000.

Untuk itu, Gerai Toyota Surabaya segera tahu solusinya jika, ketika AC tidak cukup dingin, itu bukan hanya karena Freon ingin kehabisan. Freon ini telah digunakan sejak lama. Jika Freon habis saat mobil masih relatif muda, mungkin ada kebocoran pada sistem pendingin.

Berikut ini beberapa penyebab lain mobil AC tidak bisa dingin:

Ada kebocoran di selang atau selang karena usia atau penggunaan bagian yang tidak baik atau asli.
Kerusakan evaporator dan kondensor mungkin karena penuaan atau terkena benda kotor.
Kerusakan pada komponen kompresor yang umumnya terdengar dari ruang mesin tempat kompresor AC berada.

Itulah Tips dari Gerai Toyota Surabaya.. semoga bisa bermanfaat..

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *