Tips Menanam Jahe Merah Berbuah Banyak


0

Jahe merupakan rizoma yang banyak dijual di pasaran. Fungsinya sangat banyak baik dari segi kesehatan, kecantikan dan juga membuat makanan menjadi lezat. Menanam tanaman ini sendiri juga bukan hal yang sulit. Ada beberapa tips menanam jahe merah berbuah banyak yang harus Anda ikuti agar tanaman tumbuh dengan baik dan rizomanya dapat dipanen dengan jumlah yang banyak.

Tips Menanam Jahe Merah

Tips Mudah Cara Menanam Jahe Merah Cepat Panen

  1. Pilih bibit yang bagus

Agar selama masa penanaman tumbuh dengan baik, maka pilihlah bibit dengan kualitas yang bagus dan bisa kami dapatkan dengan membelilnya di tempat jual bibit jahe merah. Perhaikan beberapa bagian bibit seperti batang dan daunnya. Jika kondisinya telah layu, maka jangan dipilih. Jika Anda tidak membeli bibit, gunakan bagian rizoma jahe sebagai ibit awal tanamannya. Pastikan jahe tidak dalam keadaan sudah mengering atau terlalu basah.

  1. Posisi bibit

Jahe bukanlah akar, melainkan bentuk rizoma. Itu sebabnya posisi penanaman perlu diperhatikan. Hindari meletakkan bibit jahe merah terlalu dalam karena akan menyulitkan masa tumbuh rizoma keluar dari tanah. Setelah bibit diletakkan, tutuplah dengan tanah tanpa menekannya. Tanah yang gembur adalah jenis tanah terbaik untuk menanam jahe.

  1. Pengairan

Tanaman jahe akan mudah kering jika tidak mendapatkan air yang cukup. Sebaliknya, tanaman akan membusuk jika terlalu menerima banyak air atau tanah yang jenuh. Siramlah tanaman jika tidak ada air hujan. Pastikan terdapat celah untuk air keluar jika Anda menanamnya di pot atau polybag. Jika di tanah yang luas, periksa kebun jahe secara teratur dan hindari dari air yang menggenang.

  1. Pemupukan

Tanaman perlu dipupuk secara teratur setidaknya sekali dalam sebulan. Karena bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya, maka gunakan pupuk kompos agar jahe yang dikonsumsi menjadi aman. Anda bisa membeli pupuk di toko pertanian atau membuat sendiri dari campuran dedaunan dan kotoran hewan. Tanaman jahe yang dipupuk akan memiliki hasil panen yang optimal.

Indonesia merupakan tempat yang ideal untuk menanam jahe. Anda hanya perlu mengkondisikan berbagai tips menanam jahe seperti pengairan, pupuk, dan media tanamnya saja. Tanaman jahe mudah tumbuh dan tidak memerlukan perlakuan yang istimewa. Jahe sudah bisa dipanen setelah melewati masa penanaman, yakni sekitar 8-10 bulan.


Like it? Share with your friends!

0
Whals

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *