Tebing Breksi Jogja, Tempat Wisata Baru di Jogja

Awalannya, Tebing Breksi cuma adalah bukit batu kapur biasa yang tercipta endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Masyarakat seputar terlatih lakukan kegiatan penambangan semenjak sekian tahun lantas serta jadi sumber mata pencaharian mereka.

Sesudah dikeluarkan larangan lakukan penambangan di ruang tebing breksi karena status Tebing Breksi yang disebut cagar budaya, masyarakat seputar tidak lalu putus keinginan. Mereka memperoleh inspirasi untuk jadikan Tebing Breksi menjadi tempat wisata. Bagi kalian yang ingin mengunjungi Tebing Breksi, kalian bisa menggunakan jasa dari Paket Tour di Jogja yang kami rekomendasikan.

Tebing Breksi Jogja
Tebing Breksi Jogja

Inspirasi nama ‘Breksi’ sendiri diambil dari tempat wisata yang berada di Bandung serta Bali yang tampak sama dengan tebing itu. Oleh karena itu tebing itu dinamakan Tebing Breksi.

Tempat wisata yang diresmikan oleh Sultan pada 30 Mei 2015 yang lalu ini memang termasuk masih tetap begitu baru. Tetapi dengan promo wisata yang dikerjakan, Tebing Breksi sekarang sudah jadi satu diantara tempat wisata target beberapa wisatawan saat bertandang ke Jogja.

Baca juga : Daftar Tempat Wisata di Sleman Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Tebing Breksi ini sendiri terlihat seperti tempat tambang. Tetapi dengan beberapa inspirasi serta tangan kreatif dari warga seputar, sekarang Tebing Breksi tambah lebih indah dengan beberapa pahatan yang menghiasi tiap-tiap dinding kapurnya. Pengunjung yang hadir juga tak perlu bersusah-susah memanjat dinding supaya sampai di pucuk tebing. Dengan memahat dinding kapur jadi tangga, sekarang jadi tambah lebih gampang untuk ke arah pucuk tebing.

Tidak hanya seni-seni yang terukir di dinding-dinding tebing, pengelola membuat Tlatar Seneng, yakni seperti panggung kesenian berdiameter 15 mtr. serta di sekitarnya diperlengkapi kursi-kursi pengunjung yang berjejer rapi. Selintas panggung ini serupa dengan Colosseum di Roma.

Sejumlah besar pengunjung Tebing Breksi rata-rata beberapa penggemar photografi serta pengunjung yang ingin tahu serta sebatas ingin menyimpan peristiwa di Tebing Breksi. Dengan beberapa ukiran yang cantik, dan tempat yang berlainan dengan tempat wisata lainnya di Jogja, Tebing Breksi lumayan menarik ketertarikan beberapa pasangan yang akan menikah untuk lakukan photo pre-wedding di sini.

Panorama dari pucuk tebing breksi jadi satu diantara fakta mengapa Tebing Breksi banyak didatangi wisatawan. Dari pucuk Tebing Breksi, kita dapat lihat lanskap Candi Prambanan, Candi Barong, Candi Sojiwan, Gunung Merapi, Kota Yogyakarta, serta tentunya sunset yang indah saat petang mendekati.

Rute ke arah Tebing Breksi tidak susah. Tempatnya Tebing Breksi sendiri masih tetap ada pada sebuah lokasi dengan Candi Ijo. Wisatawan tinggal ikuti rute ke arah Candi Ijo. Dapat dengan lewat Pasar Prambanan ke kanan ke arah Piyungan. Tebing Breksi cuma seputar 1km saja dari Candi Ijo.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *