Pusat Perburuan Si Kayu Peti Kemas

Di sini Anda bisa mendapatkan material kayu jati belanda dari beragam jenis dan ukuran. Tak hanya berupa barang mentah, Anda bisa memesan furnitur bermaterialkan kayu jati belanda. Kayu jati belanda atau biasa dikenal dengan kayu peti kemas memiliki pesona yang memikat mata. Buktinya, meski digunakan sebagai peti kemas, banyak orang yang menggunakan kayu ini sebagai material untuk membuat furnitur atau panel dinding.

Guratan serat kayu yang unik dan harganya yang ekonomis menjadi alasan mengapa kayu ini kian digemari. Walaupun murah, bukan berarti kayu ini memiliki kualitas yang buruk. Justru kayu ini memiliki standar kualitas yang mumpuni. Biasa difungsikan sebagai kayu peti kemas, karena kayu ini memiliki standar kekeringan berskala internasional dan tidak mudah rapuh.

Lalu, di manakah dapat memperoleh kayu bekas ini? Bila Anda sering melewati kawasan Cengkareng, tepatnya di sepanjang Jalan Outer Ring Road (JORR) Cengkareng menuju Bandara Soekarno-Hatta, Anda dapat dengan mudah menemukan pusat kayu jati belanda. Para pelaku usaha kayu jati belanda bertebaran di sepanjang jalan JORR ini. Anda dapat melihat tumpukan kayu peti kemas yang biasanya diletakkan di depan toko mereka.

Jual Beragam Ukuran

Siapa sangka sentra kayu bekas ini sudah berdiri sejak 15 tahun lalu. Ada sekitar 30 unit toko di sepanjang Jalan Ring Road Pondok Randu ini. Tak ada jarak antara toko satu dengan yang lainnya, walaupun tak melulu bersebelahan. Beberapa di antaranya dipisahkan jarak 20m hingga 50m. Harga dan produk yang dijual antarsentra pun tak berbeda jauh.

Pintar-pintarnya Anda menawar harga. Sentra ini menyediakan pasokan kayu jati belanda dengan beragam ukuran dan bentuk. Ada yang masih berupa palet kayu, ada pula yang sudah berbentuk balok dan papan. Mulyadi, salah satu pekerja di UD. Mulya Jaya, mengungkapkan tokonya menjual berbagai ukuran kayu jati belanda, mulai dari ukuran 1m x 10cm hingga 3m x 30cm. Harganya mulai dari Rp10.000 hingga Rp40.000, tergantung panjang dan lebar kayu. Semakin panjang dan lebar kayu maka semakin mahal harganya.

Menerima Pembuatan Furnitur

Selain dijual dalam bentuk kayu mentah, sentra kayu jati belanda di kawasan Cengkareng ini juga menjual aneka furnitur. Hampir semua toko di sepanjang JORR ini melayani pemesanan furnitur khusus kayu jati belanda. Anda dapat membeli furnitur yang sudah jadi atau meminta dibuatkan sesuai dengan desain yang diinginkan. Jenis finishinya pun dapat dipilih sesuai desain.

Ahmad Maskur, pemilik UD. Nurhomzah Barokah, ini misalnya yang kerap kali menerima pesanan untuk pembuatan meja dan kursi dari para kontraktor dan pemilik rumah. Harga disesuaikan dengan jenis finishingnya yang digunakan dan ukuran yang dibuat. Untuk furnitur meja standar tanpa gaya dibanderol mulai dari Rp200.000 per buah. Menariknya, sentra kayu bekas ini tidak mengenal hari libur. Pedagang di sini bahkan membuka kiosnya selama 24 jam penuh. Jadi tak usah perlu khawatir kalau tutup kan?

Selain kayu sebagai material untuk membangun rumah tak ketinggalan pula genset sebagai sumber listrik alternatif di rumah. Harga Genset Mitsubishi silent 1100 Kva bisa dibeli dengan harga diskon jika membelinya pada distributor resmi genset Mitsubishi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *