Parket

Rumah kayu tak lengkap rasanya tanpa parket. Ada banyak motif parket yang bisa dipilih dan dijadikan koleksi di rumah. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan dengan tempat serta motif yang diinginkan untu interior rumah. q-house.org

Pada dasarnya, ukuran parket itu mempunyai perbedaan yang tak terlalu jauh, yaitu sebagai berikut.

  • Panjang 121.2cm x lebar 193cm x tebal 8.3mm.
  • Panjang 20 – 120cm x lebar 5 – 9cm x tebal 1.2 – 1.4cm.

Seperti yang diketahui bersama bahwa parket atau dikenal juga dengan parquet merupakan salah satu bahan lantai terbaik dan mampu menghadirkan suasana elegan sekligus alami di rumah, termasuk juga rumah kayu. Di sisi lain, tak banyak orang yang tahu bahwa setiap ukuran parket itu bisa memengaruhi keindahan yang akan dihadirkan. Contoh yang sering dijumpai, yaitu parket dengan ukuran kecil terkadang tak se-elegan lantai parket ukuran besar yang terlihat lebih alami dan lebih menyatu.

Sebenarnya, parket itu dibuat dengan berbagai ukuran yang berbeda-beda dan Anda pun bebas memilihnya. Namun, tetap jangan pernah lupa mengukur sekaligus mencocokkannya dengan ukruan rumah agar terlihat menawan dan lebih pas.

Di Indonesia, ukuran parket yang paling umum yaitu ukuran 12 x 50 x 30mm. Ukuran ini sama dengan lantai keramik biasa yang dijual luas di pasaran. Untuk membeli parket dengan ukuran ini, seseorang biasanya harus membelinya dengan sistem bulk atau dalam jumlah cukup banyak. Biasanya pula, calon pembeli harus membeli beberapa puluh item.

Sementara itu, untuk ukuran standar yang sudah disetujui dan dipakai oleh seluruh perusahaan atau industri di seluruh dunia, sebagian besar perusahaan ataupun industri memproduksinya dengan ukuran 2 ¼ inci hingga 3 ½ inci. Pada umumnya, ukuran yang dipakai adalah 2 ¾ inci dan juga 2 7/8 inci dengan panjang sekitar 9 inci hingga 12 inci. Walaupun begitu, tak seluruh perusahaan menggunakan ukuran parket standar tersebutr yang biasanya juga dipakai oleh perusahaan-perusahaan lain. Ada pula beberapa perusahaan yang memakai ukuran mereka sendiri.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *