Panduan Lengkap Bercocok Tanam Jagung


0

Panduan Lengkap Bercocok Tanam Jagung – Bertani merupakan kegiatan yang menyenangkan terlebih lagi jika kita menyukai tumbuhan. Salah satu komoditas yang populer dibudidayakan adalah tanaman jagung. Jagung memiliki masa panen yang tergolong cepat dan jika dijual bisa menghasilkan keuntungan berlipat ganda. Tidak heran banyak sekali petani yang berkreatifitas mengembangkan genetika jagung. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas dengan jangka waktu yang singkat.

Jagung bisi 2
Jagung bisi 2

Berdasarkan contoh teks laporan hasil observasi saya telah merangkum beberapa fakta terkait pengembangan tanaman jagung. Salah satunya adalah jagung dengan merk dagang bisi 2 yang menjadi andalan para petani indonesia. Produk ini merupakan hasil dari persilangan jagung lokal dengan jagung impor dengan kualitas terbaik. Hasil panennya tidak perlu diragukan lagi karena memang memuaskan sekali.

Panduan Lengkap Bercocok Tanam Jagung

Dengan segala keuntungan tersebut tentunya memudahkan petani untuk meningkatkan hasil produksi mereka. Dampaknya tentu saja sangat baik untuk income yang mereka dapatkan. Dari sinilah saya berinisiatif menganalisa dan membuat contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang tumbuhan jagung. Lantas apa saja yang sudah saya analisa berdasarkan fakta di lapangan? kita akan segera membahasnya. Silahkan simak beberapa fakta di bawah ini jika anda ingin bercocok tanam menggunakan bibit dari bisi 2.

Peluang usaha jagung bisi dua

Potensi pengembangan industri bibit jagung ditanah air sangatlah menjanjikan. Bisa dibilang prospeknya bagus untuk jangka panjang di masa depan nantinya. Selain jangka waktu panen tergolong singkat, bibit jagung bisa dua memberikan keuntungan ganda pada saat panen. Sehingga hasil penjualannya pun juga berlipat mengingat produk ini adalah salah satu komoditas utama di negara kita.

Selain itu, tingkat persentase pemenuhan gizi dalam makanan pun bisa dipenuhi karena jagung memiliki banyak sekali nutrisi. Selain memiliki rasa lezat ternyata jagung juga mengandung karbohidrat, zat besi, glukosa, dan protein. Jika dikembangkan dengan skala lebih besar, jagung bisa dijadikan bahan baku dalam industri pakan ternak, farmasi, dan minyak.

Menggunakan benih berkualitas

Untuk mendapatkan hasil panen maksimal tentu kita harus menggunakan bibit unggulan pula. Padahal ada banyak sekali bibit unggul berkualitas yang dijual dipasaran dengan harga bervariasi. Hal ini dibuktikan dengan status sertivikasi yang sudah diterbitkan oleh pemerintahan. Nah, petani bisa memilih bibit jagung bisi 2 di kios penjual beni dikota masing masing.

Untuk hasil maksimal sangat tidak disarankan menanam tanaman dengan sistem menyulam. Maksudnya adalah menanam kembali benih yang semula tidak tumbuh di tempat lain. Hal ini bertujuan menghindari hasil panen negatif akibat dari persaingan jagung ketika tumbuh. Bila penyulaman tetap dipaksakan pasti tanaman akan memiliki kecatatan tersendiri yang berakibat pada hasil panen.

Metode mengolah lahan

Metode mengolah lahan bertujuan untuk mempersiapkan tempat penanaman bibit jagung. Kegiatan ini mencakup perbaikan kualitas tanah, meningkatkan tingkat kesuburan tanah, dan struktur tanah itu sendiri. Kegiatan pengolahan lahan diawali dengan membajak tanah, menciptakan ruang dan mengubah strukturnya menjadi lebih gembur. Selanjutnya petani bisa memberikan pupuk organik pada tanah yang sudah dibajak tadi. Tujuannya untuk menciptakan humus buatan yang bisa membantu pertumbuhan tanamanan nantinya.

Setelahnya barulah kita masuk ke proses penanaman. Nah itulah sedikit pembahasan singkat contoh teks hasil observasi tanaman jagung yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Masih banyak sekali faktor yang mempengaruhi hasil panen maksimal bibit bisa 2. Sayangnya karena keterbatas waktu saya akan membaginya menjadi dua artikel dan terusan artikel ini bisa dilihat pada laman selanjutnya. Termakasih sudah berkunjung jika ada yang ingin ditanyakan ajukan lewat kolom komentar di bawah.


Like it? Share with your friends!

0
Whals

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *