Menyusui Bayi Yang Sakit

Bayi Dalam Perawatan

Dalam kondisi tertentu, bayi mungkin membutuhkan perawatan di rumah sakit, baik di ruang rawat bayi baru lahir, yaitu NICU (Neonatal Intensive Care Unit) ataupun PICU (Pediatric Intensive Care Unit). Beberapa masalah bayi yang mungkin membutuhkan perawatan di rumah sakit adalah hiperbilirubinemia atau kuning (jaundice), hipoglikemia atau kadar gula darah rendah, bayi pascaoperasi kelainan bawaan (bibir/langit-langit sumbing, penyakit jantung bawaan, bayi dengan infeksi berat seperti meningitis, encephalitis) dan bayi lahir prematur. Kondisi-kondisi di atas menimbulkan tantangan tersendiri bagi Mama untuk bisa menyusui bayinya.

SOLUSI:

– Mama tinggal di rumah sakit dan menginap di kamar perawatan ibu pascabersalin atau di ruang yang memang disediakan untuk orangtua yang anaknya dirawat inap. Jika bayi menyusu dengan baik, Mama dapat menyusuinya lebih sering hingga 12 kali sehari atau lebih). Terkadang bayi menyusu dalam waktu lebih singkat, sehingga Mama memang perlu menyusuinya lebih sering.

– Bila tak dimungkinkan menginap, Mama dapat berkunjung pada jamjam pemberian ASI untuk menyusui bayinya secara langsung.

– Sediakan ASI perah (ASIP) dan serahkan kepada perawat yang bertugas di kamar bayi agar ASIP bisa diberikan kepada bayi ketika Mama tidak di rumah sakit. Mama perlu memerah ASI sesering mungkin agar pasokan ASI terjaga. Lakukan lebih banyak di malam hari karena hormon prolaktin lebih banyak diproduksi pada malam hari. Hormon inilah yang bertugas memandu produksi ASI.

– Kondisi tertentu membuat bayi tidak dapat menyusui secara langsung atau menyusu lebih lambat sehingga membutuhkan tambahan asupan melalui selang gastric atau cangkir. Tentu saja, Mama perlu didukung untuk memerah sesering mungkin agar pasokan ASI terjaga.

Perjuangan seorang Ibu dari mengandung sampai melahirkan begitulah berat. Dan perjuangan itupun masih terus berlanjut sampai menyusui bayi. Terkadang bayi tak selalu sehat, ada waktu dikala sakit dan rewel. Namun menjadi seorang itu haruslah kuat dan sabar dalam merawat bayi hingga bisa mandiri. Setelah cukup umur untuk memasuki dunia pendidikan, tugas Ibu juga harus memberikan anak bekal ilmu untuk menghadapi dunia. Terutama dalam hal pendidikan bahasa. Lembaga kursus bahasa Inggris privat merupakan pilihan tepat untuk Ibu yang ingin memberikan anaknya bekal bahasa asing.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *