Menyusui Bayi Yang Sakit Bagian 3

– Penuhi kebutuhan makan dan minum Mama untuk keperluan bahan baku ASI.

– Jangan sungkan meminta bantuan dokter, tenaga medis, suami, keluarga besar kedua belah pihak, sahabat dan lain-lain di saat Mama merasa down.

– Jika bayi rewel, sentuhan dan ketenangan Mama adalah kunci untuk menjadikannya tenang kembali.

– Jika berat badan bayi turun karena sakit, teruslah menyusuinya karena ASI merupakan sumber gizi, anti-infeksi, dan antioksidan terbaik bagi bayi.

Penyakit Saluran Cerna

Penyakit pada saluran pencernaan jarang terjadi pada bayi yang mendapat ASI eksklusif. Namun begitu, setelah bayi mulai mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI) dan mulai kontak dengan anak-anak lain, bisa saja kuman penyakit datang dari keduanya dan menginfeksi saluran cerna bayi. Infeksi saluran cerna biasanya ditandai dengan gejala diare. Diare ini berbeda dari feses normal bayi meskipun bisa samasama sering.

Dalam dua atau tiga hari pertama setelah lahir, bayi biasanya mengeluarkan kotoran berwarna kehitaman dan lengket yang disebut mekonium. Setelah itu, bayi ASI akan mengeluarkan kotoran berwarna pucat kehijauan, yang disusul dengan warna kuning. Dalam 2 minggu pertama, bayi masih dapat mengeluarkan kotoran beberapa kali dalam satu hari, kadang berwarna kuning pucat, kuning pekat, atau kehijauan.

Bayi yang sehat, meski sering buang air besar, berat badannya terus bertambah dari bulan ke bulan. Bayi disebut menderita diare bila fesesnya mengalami perubahan konsistensi menjadi encer dan sedikit ampas dengan frekuensi lebih dari 3-4 kali dalam satu hari.

SOLUSI:

– tambah frekuensi menyusui bayi untuk mencegah dehidrasi karena diare. Menyusui lebih sering juga menambah daya tahan tubuhnya dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

– Bila diare tetap berlanjut dan bayi menunjukkan tanda-tanda dehidrasi seperti lesu, mata cekung, asupan minuman-makanan berkurang, segeralah bawa ia ke dokter.

Agar lebih berhati hati lagi dalam merawat bayi tentunya mama harus banyak membaca mengenai cara merawat bayi dan anak. Situs merawat anak dan parenting merupakan salah satu portal informasi yang bisa digunakan dalam hal ini. karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *