Mau Menjadi Teknisi Yang Profesional? Ini Hal Yang Harus Kamu Lakukan


0

Untuk menjadi seorang teknisi komputer yang profesional memang harus melewati proses yang tidak sebentar. Sebab banyak sekali pengalaman yang sebelumnya sudah pernah dilakukan baik pengalaman yang mengenakkan atau tidak. Namun hal ini pasti akan memberi manfaat di kemudian hari.

Menjadi seorang yang dikatakan profesional banyak sekali aspeknya yang bisa dipelajari secara formal atau non formal. Ini penting dimiliki oleh seorang teknisi komputer agar dipercaya oleh customer sendiri.

Menjadi Teknisi Yang Profesional

Lalu bagaimana sih seorang teknisi komputer di katakan profesional? Setelah membaca dari website servicekomputerpanggilantangerang.com ada poin-poin yang dijelaskan kembali disini, seperti:

#. Sopan santun

Seorang teknisi komputer harus memiliki kesopansantunan terhadap semua customer tanpa pilih kasih baik itu seorang pejabat, artis, pengusaha, karyawan, ibu rumah tangga, anak sekolahan atau pada teman anda sendiri. Dengan bersikap sopan akan memberikan nilai yang baik dan bisa memberi penilaian bahwasanya anda seorang yang yang baik dan juga keramah.

Selain itu juga bisa memberi kesan yang mendalam kepada customer dan menjadi lebih dekat pastinya meskipun posisinya adalah antara penyedia jasa dan penggunanya.

Miliki sikap jujur

Kejujuran memiliki nilai yang penting sekali. Yang mana anda harus memberikan informasi yang benar adanya tidak menambah-nambah secara berlebihan atau menguranginya dan tidak melakukan suatu kebohongan tentang perbaikan perangkat. Contohnya: Bila customer komputer yang mengalami sebuah kerusakan dan ternyata anda sebagai teknisi komputer setelah dicek ternyata problem yang ada ini belum pernah ditangani. Maka bisa mengkomunikasikan kepada customer tersebut dan mengatakan bahwasanya belum pernah mendapatkan kasus seperti ini tetapi bila berkenan akan berusaha menyelesaikan sekemampuan yang dimiliki. Kejujuran ini tidak akan membuat anda dipandang sebelah mata oleh customer ada justru malah akan menaikkan citra anda sendiri.

Contohnya bila ada yang mencari tempat service komputer jakarta selatan yang memang tidak tahu apa – apa mengenai keruskaan yang ada. Jangan wampai pula mengibulinya. Misalkan hanya software saja yang rusak namun menambahkan kalau ada ada hardware yang rusak juga. Sehingga dengan kondisi ini customer harus membayarkan 2 kebutuhan 1 untuk membayar hardware yang baru dan juga untuk membayar softwarenya. Pastinya ini sangat merugikan customer sendiri. So jangan pernah untuk melakukan ini.

Tepat janji

Berbicara mengenai tepat janji harus dipegang oleh anda sebagai teknisi komputer karena akan menyangkut nama baik anda sendiri. Misalkan saja janjinya akan menyelesaikan kerusakan komputer sekitar 3 hari ternyata dalam kurun waktu tersebut tidak bisa menyelesaikan bahkan membuat berbagai macam alasan yang faktanya anda mengerjakan urusan lain sehingga tidak bisa tepat waktu bahkan hingga berminggu-minggu.

Bila sudah terjadi hal seperti ini dijamin customer akan kecewa dan bisa saja tidak akan pernah percaya kepada anda lagi meskipun setelah sekian lama bisa di perbaiki. Jadi harus konsekuen dengan apa yang sudah diucapkan karena ini penting sekali.

Bertanggung jawab

Sikap bertanggung jawab dengan apa yang sudah dikerjakan harus dimiliki juga oleh seorang teknisi komputer. Ketika customer memberikan amanah kepada anda untuk memperbaiki komputernya harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya dan menjaga komputernya aman terjaga.

Contohnya ketika saat memperbaiki komputer ternyata anda tanpa sengaja menumpahkan air pada CPU yang otomatis akan merusak komponen yang ada. Oleh karena itu meskipun dilakukan tanpa kesengajaan namun kerusakannya dilakukan oleh anda maka anda tetap harus bertanggung jawab.

Berbeda cerita bilamana ketika memperbaiki memperkirakan di awal ada 1 komponen namun setelah dicek secara keseluruhan ditemukan lebih banyak kerusakannya. Bila ini terjadi maka ini bukan menjadi tanggung jawab anda pastinya sehingga Bisa diinfokan kepada pemiliknya.


Like it? Share with your friends!

0
Whals

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *