Langkah Simpel Cara Budidaya Ikan Patin

Ikan patin merupakan jenis ikan konsumsi air tawar yang saat ini banyak digemari di Indonesia. Ikan patin termasuk ke dalam kelompok ikan berkumis. Budidaya ikan patin juga tergolong mudah, sebab dpat dikembangbiakkan di berbagai jenis kolam.

Budidaya ikan patin dinilai sangat menguntungkan sebab pemeliharaannyapun tidak begitu sulit. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan patin adalah sebagai sebagai berikut :

1.Faktor tanah

Tanah yang baik untuk kolam budidaya ikan patin adalah jenis tanah liat/lempung dan tidak berporos. Karena jenis tanah tersebut dapat menahan massa air yang besar dan tidak mudah bocor serta dapat dibuat sebagai dinding kolam. Sehingga budidaya ikan patin yang dilakukan berjalan dengan lancar.

Cara Budidaya Ikan Patin

Kemiringan tanah yang baik untuk pembuatan kolam budidaya ikan patin berkisar antara 3-5% hal ini berguna untuk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.

Jika budidaya ikan patin dilakukan dengan jala apung yang dipasang disungai, maka lokasi yang tepat untuk pemeliharannya yaitu sungai yang berarus lambat.

2.Kualitas air

Kualitas air untuk pemeliharaan ikan patin harus diperhatikan dengan baik. Kualitas airnya harus bersih, tidak terlalu keruh dan tidak tercemar oleh bahan-bahan kimia beracun, serta minyak/limbah pabrik. Kualitas airnya harus diperhatikan untuk menghindari timbulnya jamur. Maka dari itu, perlu ditambahkan larutan penghambat pertumbuhan jamur (Emolin atau Blitzich dengan dosis 0,05 cc/liter).

3.Suhu air

Memperhatikan suhu air, suhu air yang baik pada saat penetasan telur menjadi larva di akuarium adalah sekitar 26-28 derajat Celcius. Sedangkan pada kawasan wilayah yang suhu airnya agaak rendah, sebaiknya gunakan heater (pemanas) untuk mencapai suhu optimal yang relatif stabil. Agar budidaya ikan patin berlangsung dengan baik. PH air harus berkisar antara 6,5-7.

4.Pakan

Salah satu hal dalam budidaya ikan patin yang harus sangat penting untuk diperhatikan adalah makanannya. Pemberian pakan atau makanan yang tepat dan benar sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan, kesehatan dan kualitas ikan patin.

Pemberian pakan juga berpengaruh terhadap biaya operasional yang akan kita keluarkan dalam budidaya ikan patin. Oleh Karena itu, pengaturan pemberian pakan bibit ikan patin harus diperhatikan dan direncanakan dengan baik.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan patin. Ingatlah, dalam memelihara hewan ternak itu harus dilakukan dengan baik dan penuh kasih sayang serta butuh kesabaran yang ekstra dalam pemeliharaannya. Jika semua dapat dilakukan dengan baik, niscaya budidaya ikan patin yang Anda lakukan akan berhasil.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *