Keindahan dan mitos pantai balekambang malang


0

Salah satu destinasi yang cukup akrab di telinga kita yaitu Pantai Balekambang. Setiap minggunya masih banyak wisatawan datang ke sini. Selain menikmati pantai mereka juga disajikan bangunan pura yang indah. Yang datang ke pantai ini mulau dari keluarga, anak-anak, remaja sampai wisatawan asing. Sejak 2015 pantai ini sudah dibangun semacam petanda bertuliskan Balekambang Beach.

Pantai tersebut menawarkan keindahan nyata sehingga banyak menarik minat wisatawan berkunjung. Selama perkembangannya Pantai Balekambang jadi salah satu objek wisata dengan jumlah wisatawan terbanyak di Kabupaten Malang. Wisatawan yang datang bisa dari berbagai pelosok daerah, dan wisatawan asing turut hadir.

Sebenarnya Pantai Balekambang sudah diketahui penduduk sekitar mulai tahun 1978. Diresmikan oleh Bupati Malang yang bernama Eddy Slamet. Menurut cerita yang berkembang, orang pertama yang membuka hutan di Pantai Balekambang bernama Syaikh Abdul Jalil. Beliau merupakan seorang ulama yang berasal dari Yogyakarta. Sampai sekarang makam beliau rutin diziarahi oleh umat muslim dari berbagai daerah. Lokasi makam beliau tak jauh dari Pantai Balekambang. Hanya berjarak sekitar satu kilometer.

Pantai Balekambang juga ramai orang ketika hari Raya Nyepi. Karena masyarakat Hindu sering melakukan upacara perayaan di Pura Amarta Jati yang berlokasi di Pulau Ismoyo. Pulau Ismoyo terletak ke dalam bagian gugusan pulau-pulau kecil yang dekat dengan Pantai tersebut.

Lokasi Pantai Balekambang

Pantai Balekambang berada di kawasan Selatan Kota Malang. tepatnya di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Jika dari Kota Malang, kondisi jalan menuju titik lokasi sudah baik. Dapat dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

Aktivitas di Pantai Balekambang

Daya tarik utama di Pantai Balekambang adalah panoramanya. Gelombang ombak khas pantai Selatan yang terkenal ganas dari ombak pantai Utara. Di sini juga terdapat pura di tengah pantai. Sepertinya mirip yang ada di Tanah Lot Bali. Pengunjung dapat melihat dari dekat pura ini. Sudah dibangun fasilitas berupa jembatan menuju Pura Amarta Jati. Fasilitas jembatan juga diperuntukkan oleh masyarakat Hindu yang hendak beribadah di pura.

Gugusan Pulau Kecil

Di tempat ini juga ada tiga gugusan pulau kecil lain yang letaknya berdekatan. Namanya Pulau Anoman, Pulau Ismoyo, dan Pulau Wisanggeni. Anda yang suka pertunjukan wayang tentu tidak asing dengan nama-nama tersebut. Untuk mencapai pulau-pulau ini sudah disediakan jembatan yang dibangun oleh penduduk sekitar. yuk cek paket wisata bromo 3 hari 2 malam

Dari tiga pulau tersebut, Pulau Ismoyo jadi pulau paling dikenal karena letak Pura Amarta Jati ada di sini.

Flying Fox

Pantai Balekambang sekarang menyediakan wahana outbound flying fox. Meskipun wahana ini hanya bisa dinikmati pada hari Sabtu dan Minggu. Flying fox merupakan salah satu wahana yang seru untuk kalian yang suka mencoba tantangan baru dan tantangan bergelayut di atas air laut Selatan.

Kemah

Di Pantai Balekambang diperbolehkan bagi wisatawan untuk berkemah. Pengunjung dapat mendirikan tenda dan mendengarkan merdunya suara ombak. Jika kalian berkemah di sini jangan lupakan indahnya pemandangan sunset dan mengabadikan moment indah tersebut.

Harga Tiket Masuk

Pantai Balekambang buka dan tidak mengenal tutup. Alias bisa dikunjungi dua puluh empat jam. Buka setiap hari dengan perbedaan harga tiket masuk. Segala keindahan pemandangan yang ada di Pantai Balekambang hanya memerlukan biaya sejumlah 10.000 sampai 15.000 rupiah per pengunjung. Ditambah biaya parkir kendaraan yang disesuaikan jenisnya. Biaya parkir kendaraan roda dua berjumlah 5.000 rupiah, kendaraan roda empat 10.000 rupiah, dan bus 15.000 rupiah. yuk cek nahwatour.com

Selain itu pengelola Pantai Balekambang telah menyediakan penginapan baik hotel maupun villa. Penginapan tersebut bertarif 150.000 sampai 250.000 rupiah per malam. Untuk penginapan dapat dipesan secara online. Fasilitas lainnya meliputi tempat ibadah, toilet umum, kamar mandi, kamar ganti, dan telah tersedia warung.


Like it? Share with your friends!

0
Whals

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *