Jenis Benang yang Digunakan Untuk Bordir Komputer


0

Ada beberapa komponen yang berpengaruh terhadap hasil bordir komputer, antara lain mesin bordir, jenis kain dan tentu saja jenis benang yang digunakan.  Benang sendiri merupakan untaian tipis yang terbuat dari serat nilon, kapas atau serat sintesis. Benda satu ini menjadi komponen yang penting dalam dunia fashion. Namun, benang yang digunakan untuk bordir berbeda dengan benang jahit. Benang khusus bordir umumnya memiliki twis yang lebih longgar dan tidak terlihat kemilau. Selain itu, teksturnya juga jauh lebih kuat. Untuk mengenali benang bordir lebih lanjut, mari simak ulasan di bawah ini.

Jenis-jenis Benang yang Digunakan untuk Bordir Komputer

Ada beberapa benang yang digunakan untuk bordir. Setiap jenis jasa bordir komputer  membutuhkan jenis benang tersendiri. Masing-masing benang pun memiliki keunggulan tersendiri. Untuk menghasilkan bordiran yang sesuai dengan harapan, tentu harus digunakan benang yang tepat. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa jenis benang yang dapat digunakan sebagai pertimbangan sebelum membordir.

  1. Benang Katun

Jenis benang satu ini biasanya digunakan untuk mesin bordir otomatis. Ada beberapa jenis ketebalan yang tersedia. Oleh karena itu, Anda bisa memilih benang katun sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang disayangkan dari jenis benang ini adalah kekuatannya cukup rendah sehingga cenderung rapuh. Umumnya, ketebalan benang katun yang biasanya digunakan untuk bordir adalah 30 hingga 50 wt. Ketebalan tersebut memiliki tekstur yang cukup kuat dan mampu membuat kain bordir rapi. Salah satu keunggulan dari benang ini adalah adanya efek halus dan mengkilat yang tercipta pada hasil bordiran.

  1. Benang Rayon

Benang ini termasuk salah satu benag yang sering digunakan untuk bordir. Salah satu ciri benang ini adalah memiliki tekstur yang kuat. Selain itu, benang ini tidak mudah terurai sehingga sesuai digunakan untuk mesin berkecepatan tinggi. Benang rayon juga dapat digunakan untuk bordir 2 dimensi. Hal ini disebabkan benang rayon mampu memberikan efek bayangan. Pilihan warna yang tersedia untuk jenis benang ini biasanya benang solid. Kerap 2 warna digabung dalam 1 benang sehingga menghasilkan warna yang menarik.

  1. Benang Polyester

Jenis benang yang terkenal di dunia bordir adalah benang polyester. Kekuatan jenis benang ini hampir sama dengan benang rayon. Pilihan warna yang tersedua pun mirip dengan benang rayon. Keunggulan dari benang ini adalah teksturnya yang kuat, tidak mudah luntur, tidak mudah menyusut dan lembut. Hasil akhir yang diciptakan memiliki kesan mengkilat. Umumnya, jenis benang ini digunakan untuk bordir computer pakaian bayi. Hal ini tak lepas dari sifat benangnya yang lembut dan nyaman di kulit bayi. Tak perlu khawatir bayi terluka dengan pakaian yang dibordir menggunakan kain ini. Harganya juga cenderung terjangkau dan mudah didapat.

  1. Benang Sutera

Jika Anda ingin hasil bordir dengan kesan yang mewah dan berkelas, gunakan saja benang sutera. Produk yang menggunakan bahan dasar sutera biasanya mampu menjadi barang unggulan dan memiliki nilai jual yang tinggi. Serat dari benang sutera relatif halus sehingga dapat menghasilkan bordiran yang lembut. Selain itu, hasil akhir juga terlihat mengkilap. Keunggulan lainnya adalah tidak mudah terurai dan tidak mudah putus sehingga cocok diguakan untuk bordir dengan mesin.

Itulah beberapa jenis benang yang biasa digunakan untuk bordir komputer. Ada juga beberapa jenis benang yang lain yang biasanya digunakan sebagai tambahan. Jenis benang tersebut antara laun benang perak dan benang emas untuk memunculkan efek kejasa bordir komputerlip. Sebelum Anda membordir, pertimbangkan dengan tepat jenis benang apa saja yang akan digunakan.


Like it? Share with your friends!

0
Whals

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *