Ingin Membeli Rumah Pertama? Pertimbangkan Dahulu Faktor-Faktor Ini!


0

Memiliki rumah sendiri merupakan impian bagi banyak orang apalagi dengan penawaran harga yang bagus tentu menjadi target bagi pasangan-pasangan muda yang baru saja menikah.

Sebelum membeli rumah dibutuhkan perencanaan yang matang dan tepat karena membeli rumah membutuhkan transaksi dengan dana yang besar serta kompleks. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mempertimbangkan berbagai faktor sebelum melakukan pembelian rumah pertama.

Agar lebih membantu Anda, berikut faktor-faktor yang menjadi pertimbangan saat akan membeli rumah pertama.

  1. Besaran Dana yang Dibutuhkan

Mempersiapkan anggaran untuk mendapatkan rumah penting untuk dilakukan, agar Anda dapat mengetahui besaran biaya-biaya lain seperti cicilan KPR jika Anda ingin membeli dengan cicilan, lalu biaya pajak, biaya pemeliharaan dan perbaikan, serta biaya furniture rumah.

Dengan menentukan besaran dana yang dibutuhkan, Anda dapat menyesuaikannya dengan penghasilan yang Anda miliki, serta Anda dapat mulai menyisihkannya mulai hari ini. Pertimbangkan juga soal DP rumah, semakin besar uang muka maka biaya cicilan setiap bulannya akan semakin kecil.

Jika kamu ingin membeli rumah second, simak tips berikut ini.

  1. Persiapkan Uang Muka Rumah

Mempersiapkan uang muka untuk membeli rumah dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menabung dengan menyisihkan sebagian penghasilan Anda setiap bulannya secara konsisten dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan berinvestasi di instrumen yang aman, menguntungkan dan cocok dengan jangka waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Usahakan mencari instrumen yang minim risiko tetapi memiliki return yang lebih besar daripada bunga tabungan berjangka maupun bunga deposito, seperti reksa dana pasar uang maupun emas.

  1. Perhatikan Skor Kredit Anda

Skor kredit merupakan besaran nilai yang diberikan oleh kreditur kepada debitur sebagai salah satu faktor sebelum melakukan pinjaman. Pemberian skor kredit ini dapat menentukan keberhasilan pengajuan KPR.

Dengan skor kredit dapat menentukan besaran tingkat suku bunga yang akan diberikan serta dapat menentukan rasio utang terhadap penghasilan Anda. Idealnya Anda dapat melakukan pengajuan kredit sebesar 30% dari jumlah penghasilan selama satu bulan.

  1. Alur Pengambilan KPR

Ketika Anda akan membeli rumah dengan cara kredit atau KPR, sebaiknya Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana alur pengambilan KPR. Pengajuan KPR dibutuhkan berbagai macam dokumen seperti KTP, bukti penghasilan, buku tabungan atau salinan rekening koran, kartu keluarga, akta nikah atau cerai, NPWP dan lain-lain.

So, persiapkan dokumen-dokumennya secara lengkap ya.

  1. Lakukan Riset Rumah

Setelah mengetahui pertimbangan-pertimbangan di atas, hal selanjutnya adalah melakukan riset pada rumah yang ingin Anda miliki. Lokasi yang strategis dan penawaran harga yang cocok menjadi faktor yang perlu Anda ketahui.

Rumah dengan lokasi yang dekat dengan akses jalan, fasilitas umum dan memiliki lingkungan yang aman dan nyaman bisa Anda jadikan prioritas. Sebelum itu ketahui terlebih dahulu jenis rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi Rekomendasi Saham


Like it? Share with your friends!

0
Whals

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *