Cara Ternak Udang Vaname air Tawar

Postingan kali ini akan membahas tentang cara ternak udang vaname air tawar yang benar. Budidaya udang vaname memang kini sedang menjadi primadona dan incaran para peternak untuk mencari keuntungan.

Sebab selain memiliki pangsa pasar yang bagus dan meningkat setiap tahunnya, pembudidayaan udang vaname ini juga sangat mudah serta mampu dikembangkan menggunakan air tawar.

Nah bagi Anda yang hendak mencari keberuntungan pada bisnis ini alangkah lebih baiknya gali ilmu sebanyak-banyaknya terkait langkah ternak udang vaname air tawar yang baik dan benar. Sebab tata cara pembudidayaan yang sempurna mampu mempengaruhi hasil panen yang maksimal.

Udang Vaname air Tawar

Lantas bagaimanakah tata cara ternak udang vaname air tawar yang baik dan benar guna mendapatkan hasil yang maksimal? Inilah penjelasan selengkapnya.

Kiat Sukses Ternak Udang Vaname Air Tawar yang Baik dan Benar

Berikut ini kiat sukses ternak udang vaname air tawar yang baik dan benar yang sebaiknya Anda tahu,

1. Mempersiapkan lahan

Carilah lokasi lahan yang baik untuk membudidayakan udang vaname ini dirumah. Pastikan bahwa ukuran kolam yang Anda buat sesuai dengan jumlah udang vaname yang hendak dibudidayakan guna menghemat penggunaan lahan.

2. Pengaturan pembudidayaan

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membudidayakannya, diantaranya adalah mengunakan sistem pengaturan tambak maupun menggunakan terpal yang telah diisi air payau.

3. Membasmi Hama

Untuk mencegah serangan hama yang mengganggu kualitas panen, alangkah lebih baiknya jikalau basmi seluruh hama yang ada di dalam kolam pembudidayan dengan cairan khusus.

4. Fermentasi kolam

Sebelum menebar benih udang vaname, lakukanlah fermentasi terlebih dahulu pada kolam pembudidayaan menggunakan prebiotik atau garam supaya air menjadi payau.

5. Pemeliharaan udang

Pantau tumbuh kembang udang dengan mengontrol suhu PH pada kolam tambak atau terpal yang digunakan hingga masa panen tiba.

6. Pemberian Pakan

Biasanya 7 hari pertama penebaran benih udang akan memanfaatkan pakan alami yang ada dikolam. Baru setelahnya Anda bisa memberinya pakan tambahan dengan komposisi 30% kandungan protein pada setiap takarannya.

Nah itulah tadi trik sukses ternak udang vaname air tawar secara baik dan benar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini dan semoga artikel ini dapat bermanfaat, bagi seluruh pembaca yang budiman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *