Akurat dan Terpercaya, Ini Dia Cara Deteksi Kehamilan

Saat Anda melakukan program kehamilan, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mendeteksi kehamilan. Anda perlu mengetahui tanda tanda sperma berhasil masuk ke rahim dan terjadi pembuahan dalam rahim. Setelah pembuahan, plasenta akan terbentuk dan menghasilkan hormon kehamilan, yaitu hormon gonadotropin chorionic (HCG).

Hormon ini memasuki aliran darah dan urine kemudian kadar hormon inilah yang menjadi indikator kehamilan. Anda dapat mengecek kehamilan menggunakan testpack yang dapat Anda beli di apotek terdekat. Namun hasilnya kadang meleset atau kurang sesuai karena berbagai faktor. Karena itu Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mengecek kehamilan.

Jangan Melakukan Tes Terlalu Dini

Jika Anda telat datang bulan, tenang dulu. Sebaiknya Anda menunggu keterlambatan haid sampai mencapai satu minggu. Anda perlu menunggu karena tes kehamilan yang terlalu dini sulit untuk mendeteksi HCG jika jumlah HCG masih sedikit.

Umumnya dibutuhkan waktu 9-12 hari sejak munculnya tanda sperma berhasil masuk Rahim dan proses pembuahan sel telur hingga HCG dapat terdeteksi pada urin. Jika Anda ingin segera mengetahui apakah Anda hamil atau tidak, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan dan melakukan tes darah.

Lakukan Tes Bila Anda Mengalami Tanda-Tanda Kehamilan

Selain karena menstruasi yang terlambatAnda dapat melakukan deteksi kehamilan jika mengalami tanda-tanda berikut.

  • Kram seperti nyeri haid

Saat terjadi implantasi, Anda juga dapat merasa kram seolah-olah akan mengalami datang bulan namun tidak mengalami menstruasi.

  • Flek atau bercak darah

Terjadi pendarahan ringan dan muncul bercak adalah hal umum pada minggu-minggu awal proses implantasi. terdapat perbedaan tekstur, warna, dan jumlah darah yang keluar.

  • Payudara terasa nyeri dan tampak lebih besar

Pembuluh darah di payudara mungkin akan terlihat lebih gelap dan puting terasa sakit. Kondisi ini terjadi karena tubuh memproduksi hormon estrogen dan progesteron yang lebih banyak.

  • Merasa mual, lelah, tidak nafsu makan, serta sering buang air kecil.

Jika Anda merasa telat datang bulan dalam waktu yang cukup lama dan aktif secara seksual, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan karena terlambat datang bulan tidak selalu berarti kehamilan, tapi bisa juga akibat pola makan yang buruk, stres, atau kondisi medis tertentu.

Sebaliknya, hasil tes kehamilan yang negatif tidak selalu tepat. Anda bisa saja melakukan tes terlalu dini. Agar hasilnya lebih akurat, Anda dianjurkan untuk menggunakan urin pertama setelah bangun tidur di pagi hari. Jangan lupa untuk melihat tanggal kedaluarsa alat testpack.

Itulah cara untuk mengecek adanya tanda-tanda sperma berhasil masuk ke rahim dan terjadi pembuahan. Orami.co.id adalah jawaban tepat untuk mempersiapkan kehamilan Anda. Anda tidak perlu khawatir karena segala kebutuhan tersedia di orami.com dengan harga terjangkau. Jangan lupa kunjungi orami.co.id dan nikmati berbagai layanan untuk ibu dan anak!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *