5 Tips membagi waktu antara kuliah dan kerja

Kuliah sambil kerja tentu bukanlah mudah dilakukan mengingat tugas yang menantimu bersama dengan deadline yang diberikan. Terkadang tugas dari kampus sudah buat kamu stres apalagi harus membagi waktu sambil bekerja? Tak heran jika sebagian besar mahasiswa pada akhirnya harus memilih antara meneruskan belajar atau berhenti kuliah dan lanjut bekerja. Sedangkan untuk mengatur waktu saat kuliah sambil bekerja dapat dilakukan secara beriringan walaupun memang terasa sulit.

Lalu, bagaimana cara kamu untuk membagi waktu antara kuliah dan kerja part-time atau freelance? Kemampuan kamu membagi waktu sebetulnya bisa, seperti penjelasan dibawah ini tips membagi waktu antara kerja dan kuliah.

Kenali batasan diri

Semangat dan ambisius memang diperlukan ketika ingin mencapai sesuatu yang diinginkan. Apalagi masih muda harus banyak mencari pengalaman dan referensi untuk bekal masa depan. Mumpung kamu masih punya tenaga dan banyak waktu, mengapa tidak?

Apalagi dengan banyaknya pengalaman kerja kamu harus bisa mencuri start sebelum lulus kuliah dan mencari pekerjaan tetap di sebuah perusahaan. Untuk itu kenali diri kamu, pekerjaan part time apa yang sekiranya cocok untuk kamu dan waktu kuliahmu. Dan jangan terlalu memaksakan diri, pilih pekerjaan yang sesuai dengan porsi waktu luang dan tenagamu.

Prioritaskan waktumu mana yang paling penting

Membagi waktu antara kuliah dan kerja part-time/ freelance berarti kamu juga harus siap mengorbankan beberapa hal. Saat kamu sibuk dengan dua kegiatan tersebut tentu semakin jarangnya kamu untuk bersosialisasi.

Yang biasanya keluar jam kuliah makan atau sekedar nongkronh dengan teman-teman kampus, tetapi kamu tidak bisa ikut karena harus kerja. Tentu ada waktu bersosialisasi yang kamu kurangi jika memang itu bukan untuk yang penting. Jangan lupa catat dan ingatlah setiap jadwal penting yang harus kamu tepati. Termasuk juga tugas-tugas yang sudah ada deadlinenya. Jika kesibukanmu padat jangan sampai menunda mengerjakan tugas karena waktu yang kamu miliki tidak banyak.

Tetap prioritaskan kuliah

Dalam perjalanan hidup pasti akan menemukan godaan. Seperti hanya kamu yang sedang duduk dibangku kuliah dan kamu kerja part time. Karena kerja mendapatkan uang tentu yang dirasa akan lebih semangat mengerjakannya.

Nah, ini yang menjadi godaan terbesarmu terkadang jika susah kontrol kamu akan perlahan lebih mementingkan part time dibandingkan jam kuliah. Ingatlah tujuan awalmu merantau adalah menuntut ilmu dan kamupun harus konsisten menjalaninya. Jika kamu lulus dengan nilai bagus dan mendapatkan gelar kesempatan lapangan kerja semakin terbuka lebar untukmu.

Carilah atasan yang pengertian

Saat kamu melamar kerja part time dari awal diskusikan dengan atasan di tempat kerja akan status kamu sebagai mahasiswa dan jelaskan juga jadwal kuliah. Walaupun kerja dengan status part time ada masanya atasan terkadang meminta bantuan lebih dari jam kerja.

Jika memang masih bisa lakukan saja. Namun jangan sampai juga tawaran tersebut ganggu jam kuliah kamu. Bahkan jika jam kuliahmu sedang padat kamu harus bersikap lebih memprioritaskan kuliah. Salah satu pilih pekerjaan part time yang tidak selalu mengharuskan kamu datang ke kantor.

Satu hari libur dalam seminggu

Kerja dengan semangat itu harus, namun perlu diingat juga yang namanya badan juga butuh istirahat. Apalagi kamu sedang masa aktif dengan kegiatan yang lumayan menghabiskan tenaga. Apapun yang terjadi, usahakan untuk tidak kamu korbankan waktu antara kuliah dan kerja.

Jangan lupa juga carilah pekerjaan yang bisa memahami jadwal kuliah. Untuk mendapatkan pekerjaan yang nyaman, kamu bisa mencarinya di aplikasi mamikos seperti lowongan kerja part time solo. Download aplikasinya sekarang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *