5 Perbedaan Akar Dikotil Dan Monokotil Yang Harus Dipahami

Akar merupakan suatu bagian dari tumbuhan yang tidak bisa dipisahkan. Setiap tumbuhan memiliki akar yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dalam tanah dan sebagai tempat penyimpanan makanan. Akar dibagi menjadi 2 yaitu akar dikotil dan monokotil. Berikut ini 5 perbedaan akar dikotil dan monokotil yang harus dipahami. Kita simak ulasannya:

1. Sistem Perakaran

Salah satu perbedaan akar dikotil dan monokotil terletak pada sistem perakarannya. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan yaitu monokotil secara otonomi memiliki sistem perakaran yaitu serabut. Sedangkan akar dikotil memiliki sistem perakaran tunggang.

2. Perisikel

Perisikel adalah lapisan terluar dari stele yang berperan pada pertumbuhan sekunder dan pertumbuhan akar ke samping. Pada akar dikotil hanya memiliki satu lapis sel saja namun membentuk banyak cabang akar. Sedangkan pada akar monokotil persikel terdiri dari lapisan sel yang berdinding tebal. Persikel akar monokotil tidak membentuk banyak cabang akar seperti pada dikotil.

3. Empulur Dan Kambium

Perbedaan akar dikotil dan monokotil yang lainnya adalah ada tidaknya empulur dan kambium pada akar tumbuhan. Akar dikotil tidak memiliki empulur namun akar dikotil memiliki kambium. Akar monokotil memiliki empulur sehingga menjadi pusat akar namun akar jenis ini tidak memiliki kambium seperti akar dikotil.

4. Jumlah Lengan

Jumlah lengan pada akar dikotil dan monokotil tentu berbeda. Pada dikotil memiliki lengan xilem yang hanya berjumlah 2- 6 saja. Namun pada akar monokotil memiliki lengan proxilem yang berjumlah lebih dari 12 Romadecade.

5. Letak Xilem

Xilem pada akar dikotil terletak di dalam floem. Sedangkan pada akae monokotil memiliki leyak xilem dan juga floem yang berselang- seling. Xilem sendiri adalah jaringan kompleks yang terdiri atas berbagai macam unsur yang memiliki tipe berbeda yakni parenkim serabut, kloroid dan pembuluh lapisan.

Nah itulah 5 perbedaan akar dikotil dan monokotil yang harus dipahami. Selain akar, bagian tumbuhan lain juga terbagi atas monokotil dan dikotil antara lain yaitu batang, daun, dll. Tentu saja perbedaan monokotil dan dikotil pada bagian tubuh yang lain tidak akan sama dengan perbedaan pada akar dikotil dan monokotil.

Kata kata Bijak

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *